Menumpas Crash Mobile Apps menggunakan Firebase Crashlytics

By : Pingki Himawan | 27 October 2018 | Comnents : 0


Kesuksesan suatu mobile apps ditentukan oleh banyak faktor, crash adalah salah satu masalah yang sering terjadi. Crash dapat menggagalkan kesuksesan suatu mobile apps bahkan untuk mobile apps yang terbaik saat ini. Ketika Mobile apps sudah dirilis ke publik dan masih memiliki suatu bug atau issue yang menyebabkan Mobile apps tersebut crash dapat menyebabkan pengguna meng-uninstal atau bahkan menulis review negatif pada App Store atau mungkin akan mempostingnya di sosial media.

Crash yang terjadi dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab, dan untuk melacaknya secara manual dan memperbaiki masalah tersebut tentunya membutuhkan effort dan akan memakan waktu yang tidak sedikit. Bahkan jika semua penyebab crash tersebut sudah ditemukan, akan sulit untuk menyeleksi masalah yang perlu diperbaiki terlebih dahulu.

Firebase Crashlytics adalah salah satu Software Development Kit (SDK) untuk pelaporan suatu Crash, Pencatatan Log Mobile Apps. Firebase Crashlytic dapat di implementasikan pada iOS, Android, serta Unity. Sebelum diakui sisi oleh Google dan menjadi bagian dari Firebase pada Januari 2017, Crashlytics yang ditemukan pada tahun 2011 oleh Wayne Chang and Jeff Seibert, Crashlytic sempat diakui sisi oleh Twitter pada Januari 2013 dengan biaya akui sisi mencapi 38.2 juta Dollar AS.

Mengapa menggunakan Firebase Crashlytics?

Firebase Crashlytics merupakan solusi pelaporan yang ringan dan dapat bekerja secara Realtime untuk membantu pelacakan crash dengan jelas dan dapat ditindaklanjuti dari masalah aplikasi, dengan solusi pelaporan yang andal untuk Android dan iOS. Selain membantu pelacakan crash, Firebase Crashlytics dapat membantu memprioritaskan serta memperbaiki masalah stabilitas yang mengurangi kualitas Mobile apps. Dengan menggunakan Firebase Crashlytics dapat menghemat waktu dan effort Pemecahan masalah dengan mengelompokkan error secara cerdas dan menunjukkan keadaan yang menyebabkannya.

Kemampuan Utama Firebase Crashlytics

  1. Mengumpulkan data Crash
    Firebase Crashlytics dapat mengelompokkan error yang sering terjadi kedalam sebuah daftar yang mudah dikelola, serta memberikan informasi dimana error tersebut ditemukan pada source code, tidak hanya itu Firebase Crashlytics juga dapat menunjukkan tingkat keparahan serta kelaziman suatu error sehingga dapat lebih cepat untuk menemukan akar penyebab error yang dilaporkan.
     Gambar 1. Contoh Detail Report Firebase Crashlytics
  2. Crash Insights
    Crash Insights merupakan layanan yang dapat memberikan tips dan konteks permasalahan yang terjadi, ini dapat terjadi karena Firebase Crashlytics dapat memahami masalah stabilitas dan sumber-sumber kesalahan yang didapat dari laporan-laporan yang sudah ada sebelumnya.

    Gambar 2 Contoh Crash Insight
  3. Terintegrasi dengan Analytics
    Firebase Crashlytics Menangkap event atau peristiwa yang dilakukan pengguna sebelum terjadi suatu crash atau error, sehingga akan lebih mudah untuk menemukan solusi dari error yang terjadi.

  4. Notifikasi Realtime
    Crashlytics dapat memberikan notifikasi secara realtime untuk masalah yang baru muncul, masalah yang muncul kembali dan masalah yang perlu untuk segera diselesaikan.

Sekian adalah pembahasan mengenai Firebase Crashlytics, SDK yang dapat membantu menumpas Crash yang terjadi pada Mobile apps yang telah digunakan oleh pengguna. Dengan menggunakan Firebase Crashlytics diharapkan penumpasan Crash dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat. Jadi segera implementasikan Firebase Crashlytics untuk Mobile Apps anda!

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us