Peran Penting Mobile App Untuk Customer Engagement Perusahaan Anda

June 11, 2015
Peran Penting Mobile App Untuk Customer Engagement Perusahaan Anda

Angka download aplikasi mobile yang tinggi tidak begitu saja “berarti”, jika dalam penggunaannya hanya akan menghalangi call to action. Ditambah dengan proses registrasi kompleks juga tidak menarik pelanggan untuk mendaftar sebagai user sehingga menghambat terbentuknya customer engagement. Maka dari itu mulailah berfokus untuk membuat aplikasi mobile yang mampu meningkatkan call to action dan customer engagement.

Aplikasi mobile harus mengambil peran lebih banyak dibanding channel bisnis yang lain. Dengan aplikasi mobile bisnis dipimpin oleh strategi berdasarkan experience customer untuk mendorong peningkatan kinerja bisnis adalah sebuah keharusan.

Kematangan mobile app

Penelitian Gartner memprediksi bahwa pendapatan di seluruh dunia pembelian tercatat dari aplikasi mobile yang semula senilai 50 juta pada tahun 2013 akan berubah menjadi 350 juta pada tahun 2017, atau meningkat sekitar 700%. Penelitian ini semakin menegaskan pentingnya aplikasi mobile untuk sebuah bisnis, karena sangat cocok digunakan bersama strategi customer engagement dan experience user.

Dengan aplikasi mobile bisnis Anda akan mudah diinformasikan dengan jelas, namun perusahaan harus mampu menilai dan memperbaiki kegunaan dari aplikasi serta memahami dampak dari experience customer yang kemudian mempengaruhi presepsi terhadap suatu merk produk.

Mobile app memegang peranan penting mengembangkan bisnis

Hingga hari ini peran sebuah aplikasi dalam sebuah siklus aktif pelanggan terbagi menjadi tiga, yakni pra-transaksi, mendukung transaksi, dan pasca-transaksi. Semuanya digunakan untuk meningkatkan loyalitas, meningkatkan komunikasi dan layanan. Perusahaan juga memanfaatkan mobile karena jelas lebih disukai oleh customer karena kemudahan dan fleksibelitasnya, juga untuk meningkatkan engagement dan memperkuat value brand mereka.

Meningkatkan customer experience

Saat ini, masih sangat sedikit pengujian dan optimasi untuk performa mobile app mereka karena sulit untuk dicapai. Banyak perusahaan masih menanamkan teknik optimasi seperti pengujian A/B untuk memahami dan meningkatkan experience aplikasi.

Mobile app memberi value yang terukur

Peran mobile app telah berubah, aplikasi tidak lagi hanya meniru konten website, mereka membentuk elemen penting dari proses bisnis utama seperti pemesanan dan pembayaran. Mereka juga menyimpan konten eksklusif untuk mendorong loyalitas merek. Dengan demikian pemahaman tentang kinerja aplikasi harus meningkatkan ketajaman analisa dan pelaporan. Kinerja bukan berapa banyak jumlah download dan view pada konten namun bagaimana mobile app dapat mendorong customer untuk mendaftar sebagai user, meningkatkan pemesanan dan meningkatkan pendapatan.

Leave a Reply