6 Langkah untuk Meningkatkan Usability Sebuah Aplikasi

By : Andik Saputra | 04 February 2021 | Comnents : 0


Foto oleh Julia Larson dari Pexels

Ketika mengembangkan sebuah aplikasi yang berkualitas tinggi, kegunaan (usability) menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan aplikasi yang dikembangkan dapat digunakan dengan baik oleh pengguna. 

Menurut The State of Mobile Enterprise Collaboration yang diterbitkan oleh Harmon, “Kemudahan penggunaan” disebut sebagai kualitas paling penting untuk aplikasi seluler oleh 97% pengguna. Sehingga sangat penting untuk mengetahui proses meningkatkan Usability sebuah aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Lakukan reset pengguna

Pelajari sebanyak mungkin tentang pengguna dan kebutuhan mereka melalui Analisis data pelanggan, wawancara pengguna, survei pengguna dan penyortiran kau. Semua informasi ini membantu Anda menciptakan persona realistis sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

2. Petakan konten & aliran pengguna

Anda dapat membuat sketsa alur pengguna berdasarkan apa yang telah Anda pelajari sejauh ini. Namun, sebelumnya buat prototipe sederhana. Metode pembuatan kerangka ini membantu menyempurnakan ide aplikasi dan membangun “pemahaman umum” dari setiap halaman aplikasi Anda.

3. Membuat sebuah wireframe

Ini adalah tahap awal desain, di mana Anda memperkuat struktur, tata letak, dan arsitektur informasi. Anda mulai menjelajah seperti apa tampilan setiap halaman alur pengguna. 

4. Persiapkan prototipe untuk pengujian

Saat Anda membuat prototipe, buat setiap klik terasa semudah mungkin. Itu sangat bagus jika Anda dapat meminimalkan langkah-langkah yang diperlukan untuk tindakan pengguna, tetapi yang lebih penting adalah langkah-langkahnya terasa lancar.

5. Lakukan pengujian kepada pengguna

Untuk pengujian, dapatkan umpan balik kuantitatif dan kualitatif. Mengamati bagaimana pengguna menyelesaikan tugas dan berapa lama, itu membantu untuk mengumpulkan data keefektifan penggunaan aplikasi.

6. Iterasi dan ulangi sampai siap

Anda dapat mengulangi 4 langkah awal secara berulang kali hingga produk Anda mendapatkan umpan balik yang sangat baik dan akhirnya dapat digunakan dengan baik oleh pengguna.

Kesimpulannya, Proses 6 langkah untuk meningkatkan usability sebuah aplikasi, diantaranya: pertama, melakukan reset pengguna; kedua, memetakan konten & aliran pengguna; ketiga, membuat sebuah wireframe; keempat, persiapkan prototipe untuk pengujian; kelima, melakukan pengujian kepada pengguna dan keenam, Iterasi dan ulangi sampai siap.


Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.