Blog Home
Table of Content

Manfaat dan Tantangan Pengembangan Platform IoT

By : Sapto 24 January 2024

Manfaat dan Tantangan Pengembangan Platform IoT

Image by creativeart on Freepik


Inovasi teknologi dan lancarnya akses komunikasi di era ini tidak dapat dipisahkan dari peran Internet of Things (IoT). Sebuah gagasan yang menghubungkan kehidupan nyata dengan dunia digital, guna meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Sistem IoT ini mungkin sering kita temui disekitar kita, diantaranya seperto lampu pintar, smart door lock, robot pembersih lantai, hingga sistem e-tilang. Untuk dapat mengontrol sistem tersebut, kita membutuhkan sebuah IoT Platform. 

Apa itu IoT Platform?

IoT Platform merupakan rangkaian teknologi yang mendukung pengembangan, pengelolaan dan integrasi perangkat IoT. Teknologi ini memberikan fasilitas infrastruktur yang berfungsi untuk mengoptimalkan fitur aplikasi sesuai yang perusahaan butuhkan, biasanya dalam bentuk sebuah dashboard atau platform website.

Manfaat IoT Platform

IoT Platform memberikan berbagai manfaat signifikan dalam implementasi dan manajemen solusi Internet of Things (IoT). Platform ini membantu kemudahan integrasi perangkat IoT yang beragam dan dapat memastikan bahwa perangkat dari berbagai vendor dapat berkomunikasi secara efisien. 

Selain itu IoT Platform juga memungkinkan pemantauan dan kendali sentral, dan memberikan kesempatan untuk mengelola perangkat dengan lebih efektif dan merespon perubahan kondisi perangkat secara realtime. IoT Platform juga memberikan jaminan keamanan pengguna dengan adanya fitur enkripsi dan otentikasi.

Tantangan Pengembangan IoT Platform

Dalam proses pengembangan IoT tentunya terdapat beberapa tantangan yang harus diselesaikan, berikut ini  penjelasannya:

  1. Kompleksitas sistem

Integrasi dan protokol yang berbeda dalam lingkup sistem IoT dapat menjadi tantangan besar dalam pengembangan IoT Platform. Platform harus mampu beroperasi dengan berbagai perangkat dari berbagai vendor serta harus memastikan kelancaran interoperabilitas.

  1. Maintain Koneksi yang Stabil

Beberapa aplikasi IoT memerlukan koneksi internet yang lancar agar dapat beroperasi secara optimal. Tantangan muncul ketika  terdapat gangguan atau hilangnya koneksi internet yang dapat mempengaruhi respon dan kinerja perangkat IoT, bahkan berpotensi membuat perangkat IoT tidak berfungsi.

  1. Penggunaan Data

Jumlah data yang dihasilkan oleh perangkat IoT biasanya berukuran sangat besar. Menyimpan, menganalisis dan mentransfer data berukuran besar menjadi sebuah tantangan untuk pengadaan sistem yang efisien dalam pengelolaan data.

  1. Data Security dan Privacy

Pengembangan IoT Platform melibatkan pengumpulan dan pertukaran data yang sensitif termasuk data pribadi pengguna. Hal ini mengakibatkan tentan adanya kebocoran data, serangan siber, serta kurang konsistennya standar keamanan menjadikan IoT platform sebagai titik lemah jaringan yang dapat disusupi oleh pihak luar yang tidak bertanggung jawab.

Membuat IoT Platform Custom di Crocodic

Sebelum membangun sistem IoT platform, tentunya harus memilih siapa yang akan anda percayakan untuk menghandle proyek bisnis anda. Crocodic merupakan pengembang perangkat lunak yang dapat membantu anda mengembangkan IoT Platform, Situs Web dan Aplikasi Seluler. Teknologi kami dirancang untuk menciptakan sistem yang membantu meningkatkan bisnis anda ke level berikutnya. Kami telah membuat software, website dan sistem IoT sejak 2009 dengan portofolio lebih dari 260 sistem aplikasi dan website.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang jenis Platform IoT yang mungkin cocok dengan bisnis anda, kunjungi halaman berikut: IoT Development