Bagaimana Analisis Data Aplikasi Membantu Memprediksi Penjualan?

By : Andik Saputra | 01 March 2021 | Comnents : 0


Foto oleh energepic.com dari Pexels

Sekarang ini, perkembangan teknologi telah merambah semakin luas ke sektor industri. Penggunaan aplikasi seluler telah mendorong lebih banyak pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya ke pasar yang lebih besar. Perkembangan ini pada dasarnya telah membuat banyak peluang yang tidak boleh dilewatkan oleh para wirausahawan dan pemasar pemula. Meskipun demikian, pengembangan aplikasi seluler untuk bisnis tidak hanya terbatas pada konseptualisasi dan pembuatan aplikasi Anda secara keseluruhan.

Misalnya, setelah aplikasi Anda selesai dibuat, bagaimana Anda dapat memanfaatkannya semaksimal mungkin dan meningkatkannya lebih jauh tanpa data yang memandu Anda? Di sinilah pentingnya analisis dan pengolahan data yang diperoleh aplikasi untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan di suatu bisnis.

Banyak hal yang dapat dicapai dari proses analisis dan pengolahan data dari sebuah aplikasi, termasuk perkiraan penjualan suatu perusahaan. Dalam penerapannya, pengolahan dan analisis perkiraan penjualan mengumpulkan riwayat penjualan sebelumnya, tren, peristiwa penggerak pasar, dll. Untuk menghasilkan prediksi yang realistis dari permintaan produk atau layanan, ini dapat diterapkan pada perkiraan jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang.

Dalam hal ini, analitik prediktif dapat mengantisipasi respon pelanggan dan mengubah sikap dengan melihat semua faktor. Beberapa jenis variabel yang digunakan dalam perkiraan penjualan seperti data kalender, data cuaca, data perusahaan, data sosial dan data permintaan. Prediksi penjualan adalah landasan perencanaan perusahaan. Memang, ini memungkinkan untuk memprediksi pendapatan dan mengalokasikan sumber daya secara optimal.

Contohnya adalah aplikasi untuk memprediksi kebutuhan daya di industri listrik secara akurat. Semua data yang dihasilkan sebelumnya akan dianalisis untuk membantu memprediksi kebutuhan daya suatu perusahaan dimasa depan dengan mempertimbangkan beberapa kondisi tertentu.


Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.