Kenapa API Semakin Penting dalam Pengembangan Aplikasi Seluler?

By : Andik Saputra | 26 January 2021 | Comnents : 0


Foto oleh luis gomes dari Pexels

Teknologi yang mendasari pengembangan aplikasi seluler telah berubah secara signifikan dan mempengaruhi cara pencapaian tujuan bisnis. Aplikasi seluler sebelumnya dibuat sebagai paket perangkat lunak tempat aplikasi ditujukan untuk melakukan fungsi terbatas. Namun sekarang tidak lagi!

Dengan munculnya era teknologi baru, aplikasi seluler yang berkualitas diharuskan dapat melakukan tindakan berdasarkan preferensi sosial, lokasi geografis, dan kegunaan. Semua ini hanya mungkin melalui penggunaan API yang cerdas. 

Apa itu API (Application Programming Interface)?

API adalah elemen dasar pengembangan aplikasi seluler dan sangat penting untuk memasukkan data perusahaan dalam jumlah besar ke dalam kerangka kerja aplikasi seluler yang dapat digunakan.

Contoh penggunaan API

Misalnya, banyak aplikasi game memungkinkan Anda untuk memposting skor atau pencapaian Anda di halaman Facebook, yang merupakan contoh bagus dari penggunaan API yang cerdas (khususnya Facebook API).

Beberapa API yang dapat digunakan

Ada beberapa API lain yang digunakan saat ini seperti API pembayaran, API obrolan, API lokasi dan pelacakan, dan API analitik.

Lalu, mengapa API sangat Penting?

API menentukan cara pengembang dalam mengembangkan aplikasi mereka dan mengintegrasikan layanan web populer ke dalamnya tanpa banyak kesulitan. Itu berarti efisiensi dari biaya dan waktu pengembangan.

Kesimpulannya, API menjadi sangat penting karena menentukan cara pengembang dalam mengembangkan aplikasi mereka dan mengintegrasikan layanan web populer ke dalamnya tanpa banyak kesulitan.


Need a successful project?

Order Now
or Contact Us