Mau membuat aplikasi Android? Cek perubahan di Android 12 ini!

By : Sapto | 14 September 2021 | Comnents : 0


Sistem Operasi Android 12 sudah bersiap dirilis!

Menurut kabar, sistem operasi terbaru besutan Google tersebut bersiap merilis versi terbarunya pada 4 Oktober 2021. Jika dibandingkan dengan versi pendahulunya, jarak rilis Android 12 adalah 391 hari, update kedua terlama setelah Android 10 (393 hari). XDA Editor-in-chief Mishaal Rahman menyatakan hal tersebut dalam twitnya pada 12 September 2021.

Lalu, apa saja hal baru yang dapat kita temukan di Android 12? Yuk simak beberapa update yang menjadi highlights di Android 12!

1. Perubahan design

Android 12 mendapatkan revamp design, yang disebut sebut sebagai salah satu revamp paling signifikan dalam sejarah Android. Perubahan tersebut mencakup semuanya mulai dari Lock Screen, Home Screen, hingga sistem setting.

Simak teaser perubahan design tersebut disini.

Dari video teaser yang dirilis oleh Android, kita bisa melihat warna yang digunakan dominan warna pastel. Warna-warna tersebut didapatkan dari wallpaper yang kita gunakan. Jadi, hanya dengan mengubah wallpaper, rasanya seperti mengubah tema dari gawai yang kita miliki.

Tampilan widget juga mengalami perubahan, sudut-sudut tajam dihilangkan dan diganti dengan rounded corner. Serta menambahkan checkbox, switch, dan radio box. Widget juga mampu mengadaptasi warna dari tema yang kita gunakan

2. Updated user permission untuk penggunaan kamera dan microphone

Di versi terbaru, akan muncul notifikasi dan indikator di bagian kanan setiap kali ada aplikasi yang menggunakan microphone atau kamera. Jika dirasa penggunaan tersebut terjadi di luar kehendak kita, maka kita dapat menonaktifkannya di bagian setting permission. Selain itu, juga ditambahkan toggle button di quick setting untuk menonaktifkan kamera dan microphone sekaligus.

3. Sistem privasi dalam dashboard

Di Google I/O 2021, sistem privasi baru diperkenalkan untuk Android 12.

Jika selama ini kita kesulitan mengetahui apa saja informasi yang dikumpulkan oleh aplikasi yang terinstal di gawai kita satu per satu, Android 12 akan menghadirkan dashboard untuk yang merangkum data apa saja yang dikumpulkan oleh aplikasi tersebut. Dalam dashboard yang sama, kita juga dapat menghilangkan permission pengumpulan data untuk aplikasi tertentu

Nah, update-update di atas dapat menjadi pertimbangan ketika kita mau membuat aplikasi Android.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kompatibilitas mobile apps yang kita buat, agar tidak timbul masalah ketika nanti Android 12 siap mengudara.

Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.