Pentingnya Menganalisis Siklus Aplikasi untuk Perusahaan

By : Andik Saputra | 07 April 2021 | Comnents : 0


Foto oleh cottonbro dari Pexels

Retensi mobile apps masih menjadi tantangan bagi banyak pengembang. Pertama, banyak dari mereka tidak menyadari betapa pentingnya melacak keterlibatan pengguna dari waktu ke waktu. Sebaliknya, mereka berkonsentrasi untuk menarik lebih banyak klien. Namun, jauh lebih mudah untuk membujuk pengguna yang sudah ada untuk membeli atau mendownload produk Anda karena mereka sudah memiliki tingkat kepercayaan dan pengalaman tertentu dengan merek Anda. Kedua, mereka yang memanfaatkan peluang keterlibatan pelanggan, masih tidak tahu seberapa sering mereka harus memantau aktivitas pengguna dan apa yang harus mereka fokuskan. Misalnya, penurunan jumlah pengguna aktif sebuah aplikasi menunjukkan banyak hal tentang kualitas produk dan model bisnis jika Anda monetisasi melalui aplikasi Anda secara langsung. Data frustasi dan pantulan yang tinggi berarti Anda harus meningkatkan aplikasi di versi berikutnya.

Dalam contoh lain adalah bagaimana aplikasi yang berjalan dapat memberikan informasi terkait data penjualan atau pemasaran. Banyak parameter yang dapat dijadikan acuan dalam pemasaran sebuah produk, misalnya durasi sesi, titik drop-off, terakhir kali diluncurkan, tanggal pembelian terakhir, dan banyak lagi. Dengan menggunakan parameter ini, Anda dapat menyesuaikan pengalaman pengguna, misalnya, dengan membagi pengguna Anda ke dalam beberapa kategori. Pengguna baru sebuah aplikasi biasanya sangat berbeda dari mereka yang telah menggunakan produk Anda selama sebulan. Anda dapat menyesuaikan push notification atau jendela pop-up untuk mewujudkan tujuan perusahaan Anda sekaligus membuat pelanggan senang.

Selain sebagai acuan data penjualan atau pemasaran, aplikasi yang berjalan juga perlu sebuah pembaruan yang berkelanjutan, hal tersebut bertujuan untuk menjaga fungsionalitas yang up to date. Perkembangan teknologi yang semakin canggih terkadang membuat beberapa fitur awal sebuah aplikasi menjadi kurang relevan untuk digunakan pada kondisi tertentu. Oleh karena itu, perusahaan harus mulai merencanakan pembaruan aplikasi setidaknya setiap tahunnya. Inovasi menjadi bagian yang sangat penting dalam pembaruan sebuah produk atau layanan, inovasi keberlanjutan akan tetap menjaga perusahaan pada kondisi yang ideal untuk menjalankan proses perusahaan.


Need a successful project?

Order Now
or Contact Us