Solusi Mobile Apps Membantu Memecahkan Masalah Perusahaan Manufaktur

By : Andik Saputra | 29 March 2021 | Comnents : 0


Foto oleh Kateryna Babaieva dari Pexels

Di Era teknologi mobile seperti sekarang ini, mobile apps menjadi solusi terbaik yang bisa ditawarkan untuk memecahkan masalah perusahaan. Menurut artikel Forbes , 8 dari 10 CEO menganggap teknologi seluler “penting secara strategis” untuk operasi bisnis mereka. Selain itu, 86% dari mereka menganggap mobile apps sebagai kunci keberhasilan operasional.

Mobile apps dapat menjangkau banyak industri di segala lapisan masyarakat, tak kecuali pada industri manufaktur. Pada dasarnya, pabrik manufaktur menjalankan lusinan mesin dipasang di satu tempat, tim teknisi dan quality control (QC). Untuk mengontrol semua aspek berbeda dari pabrik manufaktur secara akurat, diperlukan tingkat presisi yang tinggi. Dan saat ini, teknologi bisa menjadi cara paling efektif untuk mencapai ketepatan itu.

Dalam industri seperti manufaktur, hampir semuanya perlu diperbarui secara real-time untuk memastikan proses operasi bisnis yang lebih lancar. Namun, perusahaan manufaktur menghadapi beberapa tantangan, dan mobile apps bisa menjadi alternatif solusi terbaik yang bisa diterapkan untuk mengatur proses menjadi lebih efisien.

Sebagian besar tantangan ini cukup umum dan dapat dilihat di sebagian besar perusahaan manufaktur yang belum mendukung teknologi. Dan, ada kemungkinan besar bahwa organisasi Anda juga menghadapi masalah ini. Masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan manufaktur saat ini adalah proses input data inventori secara manual, kontrol dan monitoring inventaris yang buruk dan lain lain.

Kita ambil contoh di sebagian besar pabrik saat ini, data terkait manajemen inventaris, detail suku cadang, produksi, dll. Dikumpulkan dan dicatat melalui entri manual. Proses pengumpulan dan pemasukan data manual ini jelas tidak efektif dari segi tenaga dan waktu. Selain itu, prosesnya rentan terhadap human error. Beberapa kondisi tersebut tentu memiliki nilai produktivitas yang rendah.

Dengan bantuan mobile apps, proses pembaruan data ini dapat dengan mudah diotomatiskan. Aplikasi ini menggabungkan teknik pengumpulan data cerdas, seperti Pemindaian Kode Batang, RFID, dan integrasi dengan perangkat lain yang sangat meningkatkan proses, sehingga produktivitas menjadi lebih efektif dan efisien.

Kesimpulannya, mobile apps yang berkualitas dapat secara efektif dan efisien mengubah perusahaan manufaktur untuk mengumpulkan data secara efektif, mengelola inventaris Anda dan menyediakan saluran komunikasi tanpa batas dalam berbagai departemen.

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us