Wow!! Chat Bot Sebagai Customer Service

By : Alfian Nur Rahmad | 06 August 2020 | Comnents : 0


Perkembangan teknologi otomatisasi saat ini suda berkembang dengan cepat. Tidak hanya berbasis sensor, sistem otomatisasi saat ini sudah berkembang kekecerdasan buatan.  Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”.

Salah satu penggunaan Kecerdasan Buatan yang sedang populer saat ini adalah Chat Bot. Chatterbot (disebut juga chatbot atau bots) adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks.

Penggunaan kecerdasan buatan dapat mengancam posisi pekerjaan manusia saat ini.  Siapa yang tak siap dengan perubahan yang menyertainya, bisa segera tergilas.

Di Spanyol, ImaginBank sebuah unit bank khusus untuk perangkat mobile milik Bank Caixa, telah menggunakan chatbot berbasis Artificial Intelligence(AI) untuk menangani pertanyaan dan keluhan konsumen. Artinya, posisi SDM di bidang customer service baik di industri perbankan maupun di industri lainnya kini memang terancam tergantikan oleh mesin/ bot.

Chatbot juga dapat digunakan untuk mengurangi delay waktu tunggu saat customer menanyakan suatu produk kepada penjual seperti jumlah stok, ketersediaan warna dan produk sejenis yang mungkin harus dilakukan pencarian manual oleh admin. Dengan adanya chat bot, penjual bisa menghemat waktu dan mengurangi kehilangan customer karena terlalu lama dalam meberikan jawaban.

Faktanya, 53% konsumen mengatakan mereka lebih suka menggunakan obrolan online sebelum menghubungi perusahaan untuk dukungan pelanggan. Di antara milenium, angka ini bahkan lebih tinggi. Alasan utamanya adalah kenyamanan obrolan online. Orang ingin tanggapan instan.

Jadi, bagi Anda yang kini bekerja sebagai tenaga customer service dan tenaga marketing/ sales, bersiaplah untuk berkompetisi dengan mesin, dalam waktu yang tak lama lagi. Namun sebuah ancaman selalu datang bersamaan dengan sebuah peluang.Sisi positifnya adalah kebangkitan teknologi AI ini menumbuhkan peluang tumbuhnya kebutuhan di bidang software enginering, khususnya di bidang Machine Learning/ Artificial Intelligence. Bagi Anda yang punya minat khusus di bidang ini, sekarang adalah momentum yang tepat untuk mengeksplorasi ranah ini.

Dapatkan Service terbaik kami di Crocodic Mobile Apps Developer Indonesia

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us