3 Tips Memilih Jasa Pembuatan Aplikasi Terbaik di Tahun 2021

By : Sapto | 07 September 2021 | Comnents : 0


Kebutuhan perusahaan untuk mengembangkan aplikasi mobile semakin bertambah. Memasuki era digitalisasi, ditambah lagi dengan pandemi Covid 19 yang merambah Indonesia, intensitas tatap muka yang semakin sedikit membuat kebutuhan untuk terkoneksi secara virtual dengan customer kita semakin besar. Selain itu, kebutuhan internal perusahaan terhadap kemudahan komunikasi, kemudahan akses data dari berbagai tempat dan real time, serta monitoring kinerja tim muncul menjadi hal yang krusial.

Salah satu yang dapat menjadi pilihan solusi adalah pembuatan aplikasi mobile. Dibandingkan dengan dektop PC, penggunaan mobile device semakin meningkat dibandingkan tahun tahun sebelumnya.

Metric yang mendukung fakta tersebut adalah share web traffic dari Mobile Device yang meningkat sebanyak 22% di tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2019. Sementara itu dalam kurun waktu yang sama, traffic dari Dekstop PC menyusut 27% di tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2019. Peningkatan tersebut adalah salah satu tanda pengguna mobile apps yang semakin bertambah dan mengalahkan pengguna dekstop pc.

Mengembangkan aplikasi mobile Android atau IOS

Jika perusahaan kita mempunyai rencana untuk mengembangkan sebuah tools untuk membantu sales, atau mengorganisasi perusahaan, mobile apps dapat menjadi salah satu pertimbangan. Jika di perusahaan sekarang belum ada team IT yang cukup untuk mengembangkan mobile apps, kita dapat menggunakan jasa pembuatan aplikasi dari vendor.

Ada 3 hal yang dapat dipertimbangkan dalam memilih jasa pembuatan aplikasi

1. Pilih yang menguasai dan menyelesaikan masalah

Kita sebagai user terkadang tidak mengetahui secara detail apa saja yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi. Awal yang paling penting adalah menentukan masalah apa yang ingin kita selesaikan dengan pembuatan mobile apps ini. Setelah itu persiapkan dokumen konsep kita, untuk kemudian dikirimkan kepada vendor mobile apps developer.

Vendor yang berkualitas akan memvalidasi konsep yang kita persiapkan, untuk kemudian dicocokkan dengan fitur-fitur apa yang memang kita butuhkan. Vendor yang baik akan memilah mana fitur yang akan dikembangkan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan kita. Fitur yang sesuai dengan kebutuhan menjadi hal yang paling penting dalam perencanaan pengembangan Anda. Lebih baik untuk fokus pada fitur-fitur yang sesuai dengan tujuan bisnis akan membuat Anda membayarkan lebih sedikit biaya dibandingkan dengan menambahkan fitur yang belum Anda butuhkan.

“Vendor pembuatan mobile apps yang baik tidak hanya mengiyakan semua fitur yang ingin kita buat, tetapi akan memberikan saran fitur mana yang sebaiknya dikembangkan terlebih dahulu sesuai dengan stage kebutuhan kita.”

2. Ketahui detail penawaran

Sebelum memulai pembuatan mobile apps, pastikan masalah yang ingin kita pecahkan sudah selesai diterjemahkan ke dalam fitur-fitur di mobile apps. Dengan lebih teliti di awal, maka akan  menghindarkan dari kesalahpahaman di tengah tahan development mobile apps. Cocokkan detail penawaran dengan dokumen konsep yang sudah kita siapkan di awal.

Penawaran yang dikirim seharusnya menjelaskan scope kerja secara detail, beserta dengan biaya dan lama waktu pengerjaan. Selain itu, akan dijelaskan juga terkait apa yang harus kita persiapkan sebelum memulai pengembangan aplikasi. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah tentang kepastian timeline. Perkiraan timeline yang akurat dapat mengefisienkan biaya pengembangan yang akan Anda keluarkan.

3. Tanyakan tentang maintenance setelah mobile apps selesai

Pengembangan mobile apps tidak berhenti setelah aplikasi jadi dan diserahterimakan kepada kita.  Setelah itu, ada tahap maintenance mobile apps kita agar performanya tetap terjaga. Hal ini disebabkan operating system Android atau IOS yang sering diupdate, sehingga mobile apps yang kita miliki juga perlu disesuaikan, untuk mencegah bug atau eror yang muncul karena pembaruan tersebut.

Miantenance bukalah usaha yang akan Anda lakukan dalam jangka waktu pendek, namun sebaliknya, maintenance adalah usaha jangka panjang yang akan terus Anda lakukan untuk menjaga sistem pada kondisi yang optimal. Kemampuan sistem yang handal dapat menjaga pengguna Anda untuk terus menggunakan aplikasi Anda, ketika pengguna Anda nyaman menggunakan aplikasinya, maka akan berdampak positif pada pertumbuhan produk atau layanan yang Anda promisikan melalui aplikasi tersebut.

Di Crocodic, kita akan mendapatkan free maintenance selama 6 bulan setelah mobile apps selesai. Sehingga kita tidak perlu khawatir akan adanya kendala setelah kita menerima aplikasi tersebut.

Crocodic berkomitmen untuk mengembangkan mobile apps yang didasarkan pada solusi permasalahan yang dihadapi perusahaan. Fokus kami adalah mengembangkan solusi praktis yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis anda. Konsultasikan kebutuhan anda sekarang dengan kami disini, gratis!

Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.