Kenapa Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile Sangat Dibutuhkan Bisnis untuk Bertahan di Tengah Pandemi?

By : Andik Saputra | 07 October 2021 | Comnents : 0


Photo by Christina Morillo from Pexels

Aplikasi mobile telah menjadi tren yang sangat kuat dikalangan masyarakat atau bisnis sebelum pandemi Covid-19, dari data yang kami himpun, pengguna menghabiskan kurang lebih 87%  waktu mereka di aplikasi daripada langsung di web.

Krisis virus corona baru-baru ini telah meningkatkan pengembangan aplikasi, karena perusahaan mencari cara untuk mendorong kolaborasi kerja jarak jauh, monitoring dan pelacakan kontak secara real-time, dan terus meningkatkan koneksi antara e-commerce dengan konsumen. Akibatnya, perusahaan harus mencari jasa pembuatan aplikasi mobile  yang dapat mengatasi masalah saat ini dan menciptakan model bisnis yang relevan untuk kesuksesan di masa depan.

Tetapi dengan adanya krisis Covid-19 dan prospek penyelesaian masalah yang relatif singkat, bagaimana perusahaan memastikan aplikasi yang mereka kembangkan selama pandemi Covid-19 dinilai tetap dapat diandalkan dan relevan bahkan ketika “kenormalan baru” muncul?

Perusahaan jasa pembuatan aplikasi mobile yang profesional tentu memiliki kapasitas dan kredibilitas tinggi dalam menciptakan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi oleh klien. Anda dapat membaca tips memilih jasa pembuatan aplikasi mobile terbaik untuk menambah keyakinan Anda dalam memilih.

Selanjutnya, mari kita uraikan beberapa tren pengembangan teratas yang dapat Anda konsultasikan dengan jasa pembuatan aplikasi mobile yang telah Anda pilih.

  1. Beralih dari Aktivitas Tatap Muka ke Virtual

Aplikasi virtual service memang sudah ada sebelum adanya Covid-19, tetapi peningkatan pesat terjadi pada proses interaksi jarak jauh selama pandemi, hal ini telah menciptakan kebutuhan untuk memindahkan aktivitas tatap muka ke proses yang dapat dilakukan jarak jauh, dan itu akan berlanjut bahkan ketika kondisi sosial akibat virus mereda.

Dan sementara Covid-19 adalah pemicunya, pengembang dapat berharap agar “melakukannya dari jarak jauh” terus berlanjut. Aplikasi Halodoc adalah contoh yang baik. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan personal dan keluarga yang dapat diakses jarak jauh atau telemedik. Startup healtech Halodoc mencatatkan pertumbuhan pengguna seiring pertumbuhan penggunaan layanan healtech. Pengunduh aplikasi Halodoc meningkat sebanyak 2x dan diikuti pertumbuhan signifikan di berbagai layanan selama tahun 2020.

Sederhananya, aplikasi yang menggantikan kebutuhan akan kontak manusia dan dapat memberikan proses interaksi yang lebih baik, akan terus berjalan dengan baik bahkan ketika organisasi bergerak menuju kenormalan baru berikutnya.

2. Berkolaborasi dengan Lebih Baik dari Jarak Jauh

Saat perusahaan beralih ke daring untuk memerangi risiko penularan di kantor, konferensi video dan aplikasi kolaborasi mendapatkan respon yang luar bisa dari masyarakat. Seperti dicatat oleh Katadata , Konferensi video Zoom mencatat kenaikan pendapatan 169% selama kuartal I 2020 dibanding periode yang sama sebelumnya. Pendapatan ini meningkat dua kali lipat dari panduan pendapatan (revenue guidance) setahun penuh, seiring meningkatnya jutaan pengguna baru aplikasi ini selama pandemi corona. 

Dengan opsi yang tersedia, pekerja jarak jauh dengan cepat mulai mencari seperangkat fitur yang ditingkatkan untuk merampingkan komunikasi dan memberdayakan koneksi. Hasilnya, aliran informasi dari pekerja dan kantor dapat terkoneksi dengan lebih baik di mana pun, kapan, atau bagaimana tim memilih untuk berinteraksi.

Tren ini akan terus berjalan sampai waktu yang lama. Dengan banyak bukti bahwa pekerjaan jarak jauh yang komprehensif sekarang dimungkinkan dengan dukungan aplikasi yang tepat, perusahaan harus lebih peka dengan kebutuhan internal, proses kerja bisa jadi hal yang sangat penting untuk terus ditingkatkan. Melakukan semuanya dengan benar sangat penting untuk memastikan adopsi karyawan secara luas.

Kemampuan setiap perusahaan dalam mengembangkan aplikasi bisnis mereka sendiri mungkin berbeda, namun dengan adanya jasa pembuatan aplikasi mobile dapat membantu Anda selangkah lebih maju dari kompetitor, beberapa tren pengembangan aplikasi diatas dapat anda jadikan sebuah acuan yang tepat untuk tetap relevan di masa yang akan datang. Tren yang sudah dipaparkan tadi mungkin masih menjadi garis besar yang perlu Anda cari tahu detailnya agar ide Anda bekerja dengan baik.

Jika Anda memiliki masalah perusahaan yang serius dan ingin mengetahui biaya pengembangan aplikasi Anda dengan lebih tepat, kami dapat memperkirakannya dalam waktu 72 jam – isi formulir singkat di sini .

Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.