Peran Penting Dokumen Kebutuhan dalam Mobile Apps Development

By : Andik Saputra | 21 October 2021 | Comnents : 0


Photo by Kindel Media from Pexels

Mempertimbangkan layanan mobile apps development untuk bisnis, Anda mungkin familiar dengan istilah ‘dokumen kebutuhan aplikasi’. Bagi pengembang, dokumen itu sangat penting untuk dibuat. Sayangnya, pemilik bisnis mencoba mengabaikan langkah ini karena mereka tidak ingin melakukan usaha ekstra untuk melakukan tugas analisa kebutuhan dan bahkan sebenarnya mereka kurang peka dengan kebutuhan yang mereka hadapi. Akibatnya, ketika mereka ingin mengembangkan aplikasi dengan bantuan developer, mereka gagap dan cenderung minim informasi tentang kebutuhan mereka.

Apa itu dokumen kebutuhan dalam mobile apps development?

Mengumpulkan dan menganalisis kebutuhan adalah salah satu tahap awal dalam proses mobile apps development dalam metodologi Agile dan Waterfall. Selama fase persyaratan dari tahap validasi ide, kesepakatan harus dicapai antara Anda dan pengembang tentang apa sebenarnya masalah yang dihadapi, bagaimana solusinya, apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya.

Dokumen kebutuhan aplikasi menjelaskan informasi tentang kebutuhan anda yang mencangkup gambaran masalah inti, detail solusi bisnis, detail teknis, fitur yang harus dimiliki, dan juga menjadi panduan bagi pengembang dari tahap konsep awal hingga titik akhir.

Lalu, Bagaimana peran dokumen kebutuhan dalam mobile apps development?

Dokumen kebutuhan yang detail pasti akan memberikan bentuk yang lebih konkret untuk ide Anda dan gambaran yang jelas bagi tim pengembangan Anda. Anda juga akan dapat memastikan bahwa pengembang memahami kebutuhan Anda sepenuhnya.

Selain itu, dokumen kebutuhan aplikasi sangat penting bagi pengembang, pertama, meminimalkan jumlah waktu dan upaya yang harus dikeluarkan pengembang untuk mencapai tujuan perangkat lunak yang diinginkan sehingga mengoptimalkan kualitas proses pengembangan. Dengan demikian dapat mengurangi biaya pengembangan, ini juga menguntungkan Anda sebagai klien, karena semakin rendah biaya pengembangan, semakin rendah biaya yang Anda bayarkan. Kedua, dari proses pengembangan yang lebih optimal, membuat aplikasi anda dapat diluncurkan sesegera mungkin, hal itu secara tidak langsung dapat mempercepat waktu pemasaran produk Anda. Berdasarkan data dari Crocodic, pembuatan dokumen kebutuhan yang jelas dapat berdampak pada tingkat keberhasilan aplikasi ketika diimplementasikan mencapai 98%.

Dokumen kebutuhan menjadi sangat penting dalam proses mobile apps development  karena dapat memberikan bentuk yang lebih konkret untuk ide Anda dan gambaran yang jelas bagi tim pengembangan. Selain itu, dapat memastikan bahwa pengembang memahami kebutuhan Anda sepenuhnya.

Jika Anda memiliki masalah perusahaan yang serius dan ingin mengetahui biaya pengembangan aplikasi Anda dengan lebih tepat, kami dapat memperkirakannya dalam waktu 72 jam – isi formulir singkat di sini .

Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.