Tips “Nego Budget” dengan Developer Aplikasi Android di Indonesia

By : Andik Saputra | 11 November 2021 | Comnents : 0


Photo by RODNAE Productions from Pexels

Lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat dan inovasi teknologi mengubah cara berbisnis. Mobile Apps membantu perusahaan mencapai tujuan lebih cepat dan berkelanjutan. Namun demikian, membangun aplikasi yang berkualitas membutuhkan banyak waktu & tenaga. Tentunya tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk mengembangkannya.

Di Era teknologi seperti sekarang ini, perusahaan tidak perlu mengembangkan aplikasi mereka sendiri, jasa mobile apps developer menjadi alternatif solusi yang paling tepat. Banyak perusahaan developer aplikasi android di indo yang menawarkan solusi teknologi untuk setiap kebutuhan bisnis Anda, tapi Anda tentu saja tidak bisa menentukannya dengan sembarangan. Sebab banyak sekali parameter yang harus diperhatikan, karena kompleksitas pengembangan yang tinggi maka Anda harus mempersiapkan rincian biaya yang efisien sebelum masuk ke dalam prosesnya, agar tidak menimbulkan dampak yang negatif bagi bisnis perusahaan.

Berbicara tentang harga, terkadang perusahaan merasa keberatan dengan harga yang dipatok oleh developer untuk pengembangan aplikasi, berikut tips memperoleh harga yang “worth it” ketika Anda memutuskan untuk bekerjasama dengan developer aplikasi android di indo:

1. Ketahui kebutuhan bisnis anda

Hal pertama ketika memutuskan untuk mengembangkan aplikasi adalah pengetahuan terkait permasalahan yang sedang dihadapi. Pengembangan aplikasi yang berkualitas selalu berawal dari masalah. Bicarakan kebutuhan anda secara spesifik dan mendetail, ini akan membantu anda dalam analisa awal pengembangan, semakin detail kebutuhan anda, akan semakin jelas proses dan hasil yang akan Anda dapatkan.

2. Rencanakan timeline yang efektif & matang

Pengembangan aplikasi adalah proses kompleks yang sering membutuhkan banyak modifikasi dan iterasi sebelum hasil maksimal akan tercapai, dan setiap perubahan meningkatkan biaya pengembangan aplikasi. Oleh karena itu perencanaan yang efektif dan matang dapat membantu Anda mendapatkan prediksi timeline yang lebih akurat, timeline yang akurat dapat mengefisienkan biaya pengembangan yang akan Anda keluarkan.

3. Tentukan platform yang tepat

Meskipun ada aplikasi untuk setiap sistem operasi mobile (platform) seperti Android dan iOS, jauh lebih baik jika Anda menentukan platform yang Anda targetkan saat pertama kali dalam perencanaan pengembangan yang berkelanjutan, ini akan memastikan bahwa aplikasi menjangkau lebih banyak pengguna ketika perusahaan mencoba menekan biaya pengembangan aplikasi, sehingga mungkin menjadi masuk akal untuk menargetkan satu platform. 

Fokus dalam pengembangan aplikasi untuk platform Android mungkin menjadi pilihan yang sangat bagus di tengah perkembangan perangkat dengan sistem operasi Android yang begitu masive. Menurut data dari Stat Counter , sistem operasi Android menguasai lebih dari 90% sistem operasi Android pangsa pasar sistem operasi seluler di Indonesia. Ini menjadi angka yang sangat besar dan juga sebagai peluang yang sangat besar untuk mengembangkan bisnis ke skala yang lebih tinggi.

4. Jangan berfokus pada fitur, fokus pada kebutuhan anda

Lebih banyak fitur tidak selalu berarti pengalaman aplikasi yang lebih baik. Terkadang klien selalu ingin mengembangkan aplikasi yang sempurna dengan fitur lengkap dan membuat pengembang kerepotan dalam proses pengembangan. Penambahan fitur yang belum sesuai dengan kebutuhan Anda itu justru akan menambah biaya dan durasi pengembangan.

Fitur yang sesuai dengan kebutuhan menjadi hal yang paling penting dalam perencanaan pengembangan Anda. Lebih baik untuk fokus pada fitur-fitur yang sesuai dengan tujuan bisnis akan membuat Anda membayarkan lebih sedikit biaya dibandingkan dengan menambahkan fitur yang belum Anda butuhkan.

Crocodic mengkhususkan diri dalam mengembangkan aplikasi berkualitas tinggi. Hasil dari proses pengujian aplikasi mobile yang sangat baik dan lancar memungkinkan Anda memberikan aplikasi berkualitas tinggi yang memberikan pengalaman mobile yang luar biasa kepada pelanggan Anda.

Kami merekomendasikan Crocodic sebagai developer aplikasi Andorid di Indo yang profesional dengan kredibilitas tinggi, informasi lebih detail tentang kami bisa Anda akses di crocodic.com. Jika Anda memiliki masalah perusahaan yang serius dan ingin mengetahui biaya pengembangan aplikasi Anda dengan lebih tepat, kami dapat memperkirakannya dalam waktu 72 jam – isi formulir singkat di sini.

Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.