Vue Js vs React: Pengertian dan Keunggulannya

By : Sapto 26 July 2022


Bagi Anda yang terlibat dalam dunia web developer, istilah Vue Js vs React tentu bukan hal yang asing lagi. Mungkin Anda belum mencoba salah satunya dan penasaran kira-kira mana yang lebih nyaman penggunaannya antara vue js vs react tersebut.

Kedua istilah tersebut terkait dengan bahasa Java Script, yakni bahasa pemrograman yang akan membantu Anda dalam menghasilkan sebuah website dengan tampilan lebih menarik. Jadi mana yang bisa Anda coba antara vue js atau react?

Pengertian Vue Js dan React Js

https://unsplash.com/photos/webyw4NsFPg 

Vue Js merupakan sebuah perpustakaan dari Java Script untuk membuat tampilan sebuah website terlihat lebih interaktif. Selain itu vue js juga bisa untuk membuat single page application (SPA). Tugas utamanya adalah mengirim dan menerima data, selanjutnya membuat tampilan dari user interface menjadi lebih menarik.

Vue Js telah berkembang sejak tahun 2013 dan perusahaan besar seperti Google dan Adobe juga telah menggunakannya. Komunitas Vue Js Indonesia jadi tempat berkumpulnya mereka yang menggunakan library ini untuk pengembangan web.

Lalu apa itu react js?

React Js juga sama dengan Vue Js, sama-sama sebagai library atau perpustakaan untuk java script. Hanya saja keunggulan dan karakteristik keduanya berbeda. Setiap orang memiliki alasan mengapa lebih nyaman memilih salah satu di antaranya.

React Js juga telah berkembang sejak tahun 2013 dan hingga kini perusahaan besar seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Netflix, Ebay dan sebagainya juga menggunakan React Js.

Keunggulan Vue Js dan React

https://unsplash.com/photos/MI9-PY5cyNs

Ada beberapa keunggunalan Vue JS yang membuatnya berbeda dibanding perangkat atau tools lainnya.

Vue JS memiliki karakteristik dan keunggulan sebagai berikut:

  • Ukuran memorinya lebih ringan sehingga lebih menghemat kapasitas.
  • Dokumentasinya lengkap. Untuk belajar vue js tutorial bisa mengunjungi website resmi vue js di sini.
  • Mudah untuk terintegrasi dan bisa berinteraksi pada dua arah.
  • Dukungan dan stok dari plugins nya terbilang cukup banyak.
  • Fitur dari vue js di antaranya event handling, components, data dinding, computer properties, directives, templates, routing, lightweight, virtual DOM hingga watchers.

Baca juga : Mengenal Vue Js

Lalu bagaimana dengan React? Tentu alat ini juga tidak kalah menarik.

Beberapa keunggulan React, di antaranya:

  • Kemudahan dalam mempelajari dan menggunakannya menjadi keunggulan utama.
  • Aplikasi isomorfik penciptaannya sangat mungkin menggunakan React.
  • Kemudahan dalam penulisan komponen.
  • Sifatnya yang virtual DOM mendorong kinerja yang lebih bagus.
  • Tools developer langsung dari sumbernya.
  • React cenderung lebih ramah pada SEO.
  • Jika Anda ingin menginstall React bisa langsung mengunjungi website resminya di sini.

Baca juga : Mengenal Ant Design pada React

Mana yang menurut Anda lebih menguntungkan untuk proses pengerjaan web developer? Setiap orang memiliki alasan dan pengalaman sendiri.

Mereka yang menggunakan vue js misalnya, mengaku lebih nyaman menggunakan vue js karena alasannya yang memiliki custom element sehingga memungkinkan penggunanya membuat HTML sendiri dengan minimal dua kata dengan pemisah tanda  “-”.

Apapun itu, Vue Js vs React adalah hal yang akan menjadi perbincangan para developer sebuah website. Jika Anda membutuhkan sebuah website untuk kebutuhan bisnis, tak perlu repot mencari tahu atau mempelajari vue js atau react.

Anda cukup menghubungi dan berkonsultasi dengan pengembang website. Layanan website development terpercaya yang akan membantu Anda menghasilkan sebuah website dengan spesifikasi terbaik adalah Crocodic.

Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.