Progressive Web App (PWA): Pentingkah dalam Proses Pengembangan Aplikasi?

By : Andik Saputra | 13 October 2021 | Comnents : 0


Photo by cottonbro from Pexels

Meningkatkan pengalaman web di perangkat seluler selalu menjadi tantangan bagi seorang developer. Namun, sangat penting untuk terus memunculkan ide dan konsep baru untuk mengembangkan solusi yang menawarkan kinerja lebih baik dan pengalaman pengguna yang imersif di berbagai perangkat. 

Di Era teknologi seperti sekarang, Progressive Web App (PWA) atau Aplikasi Web Progresif telah membawa pengalaman web pada perangkat seluler ke tingkat yang lebih tinggi. Aplikasi ini bahkan memberikan keunggulan dibandingkan aplikasi seluler yang sebenarnya.

Progressive Web App (PWA) telah membuka saluran baru untuk mengakses web sambil memberikan pengalaman seperti di aplikasi. Oleh karena itu, layanan pengembangan Progressive Web App (PWA) menjadi sangat populer di berbagai industri, sebut saja Tokopedia, Shopee, tiket.com, mamikos, Google, twitter dan masih banyak perusahaan IT besar lainnya yang sudah menggunakan Progressive Web App (PWA).

Sebelum masuk lebih jauh, mari ketahui tentang apa itu Progressive Web App (PWA), terlebih jika ini merupakan kali pertama kamu mendengar istilah itu, tidak heran, karena mungkin kamu bukan lah seorang developer atau seorang yang ahli IT.

Apa itu Progressive Web App (PWA)?

“Progressive Web App (PWA) adalah aplikasi web yang dikembangkan menggunakan sejumlah teknologi khusus dan pola standar untuk memungkinkan mereka memanfaatkan fitur web dan aplikasi asli”.

Sederhananya, PWA adalah aplikasi web yang dimuat di browser web seperti situs web atau halaman web. Keunggulannya, dapat memberikan pengalaman seluler yang kaya dengan fungsionalitas seperti aplikasi,  seperti push-notifications, kemampuan untuk bekerja secara offline, dan akses ke fitur perangkat keras perangkat. 

Karena fungsionalitas sangat mirip seperti aplikasi, Progressive Web App (PWA) terasa seperti aplikasi seluler yang sebenarnya. PWA berfungsi sebagai jembatan antara web dan seluler untuk memberikan pengalaman web yang lebih baik kepada pengguna melalui perangkat seluler. Intinya, PWA adalah aplikasi seluler yang disajikan melalui web.

Bagaimana dampaknya bagi bisnis?

Berdasar data yang kami peroleh dari CSS Chopper, di bawah ini adalah beberapa statistik dan contoh keberhasilan PWA. 

  • Setelah membangun kembali aplikasi seluler sebagai PWA, Pinterest mengalami peningkatan 60% dalam keterlibatan inti. Waktu yang dihabiskan oleh pengguna di situs juga meningkat sebesar 40%.
  • Dengan PWA baru, Tinder mengurangi waktu pemuatan situs mereka dari 11,91 detik menjadi 4,69 detik.
  • PWA Uber dimuat dalam waktu kurang dari 3 detik di jaringan 2G. 
  • Forbes mengurangi waktu buka dari 6,5 detik menjadi 2,5 detik dengan PWA-nya. 
  • Twitter dengan PWA Twitter Lite-nya mengalami peningkatan 75% di Tweet, kenaikan 65% di halaman per sesi, dan penurunan 20% dalam bounce-rate.   

Apakah developer perlu menggunakan sistem ini?

Jawabannya adalah Iya, mengingat sedikit upaya yang diperlukan untuk mengimplementasikan fitur inti PWA. Menurut MDN Web Docs manfaat dari pengimplementasian sistem ini sangatlah besar. Sebagai contoh:

  • Penurunan waktu pemuatan (loading) setelah aplikasi dipasang, berkat caching dengan service workers, seiring dengan menghemat bandwidth dan waktu. PWA memiliki loading hampir sekejap (dari kunjungan kedua).
  • Kemampuan untuk memperbarui (hanya pada) konten yang telah berubah saat pembaruan aplikasi tersedia. Sebaliknya, dengan aplikasi (yang sebenarnya), pengguna harus mengunduh instalasi aplikasi secara penuh saat pembaruan aplikasi tersedia.
  • UI/UX yang lebih terintegrasi dengan platform – seperti ikon aplikasi di layar beranda, aplikasi yang otomatis berjalan dalam mode layar penuh, dll.
  • Menjalin hubungan yang lebih baik dengan pengguna melalui pemberitahuan dan pesan push sehingga dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan meningkatkan konversi.

Progressive Web App (PWA) sekarang sedang dipertimbangkan sebagai langkah baru dalam cara menggunakan dan berinteraksi dengan web. Jika Anda memiliki masalah perusahaan yang serius dan ingin mengetahui biaya pengembangan aplikasi Anda dengan lebih tepat, kami dapat memperkirakannya dalam waktu 72 jam – isi formulir singkat di sini.

Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.