Progressive Web Apps, mulai dari mana ?

By : Adam Projo | 24 August 2020 | Comnents : 0


Berbicara tentang Progressive Web Apps (PWA),kebanyakan orang menagtakan  untuk bisa memiliki Applikasi PWA, website kita harus SPA atau Single Page Application, atau harus menggunakan framework modern seperti reactJS, Angular, Polymer dan yang lainnya. Sehingga banyak development yang merasa bahwa mereka tidak bisa menerapkan PWA karena masih menggunakan PHP dan Ruby Framework (Service Rendered Framework) .  Padahal berbicara tentang PWA, tentu yang utama adalah progressive atau peningkatan pengalaman user secara bertahap. Nah pertanyaannya , dari mana sih kita mulai untuk membuat sebuah Applikasi PWA ?

Untuk memulai membuat Applikasi PWA yang harus perhatikan :

Keamanan HTTPS

Keamanan HTTPS disini adalah pondasi dasar untuk membuat Applikasi PWA. Keamanan diweb menjadi prioritas penting, dikarenakan banyak isu tentang content hijacking, phising dan isu- isu lainnya. Dan juga kebanyakan fungsi dari PWA hanya dapat dijalankan di HTTPS saja.

Tingkatkan kecepatan Loading dan Respon

Kecepatan loading dan respon adalah bagian penting untuk mengoptimasikan PWA. Yang dimana tanpa kecepatan maka rata-rata pengguna akan menginggalkan. Bahkan data yang ada menyebutkan 3 detik website tidak tampil, 53% pengguna akan pergi.

Memasang dan memanfaatkan Service Worker

Service worker ? Service worker adalah komponen yang dimana deprogram dan berada di antara browser dan web server. Dengan memasang service worker maka kita dapat melakukan cache pada resource yang dibutuhkan dan dengan service worker memungkinkan applikasi tetap bisa diakses walaupun dengan internet tidak stabil serta offline.

Demikian adalah saran yang harus diperhatikan untuk memulai membuat Progressive Web Apps. Disini saya juga membagikan link berisipembelajaran tentang PWA yang saya dapatkan pada saat event Workshop PWA yang diadakan di Jogja.
https://drive.google.com/drive/u/0/folders/0B55wxScz_BJtV1lGbTBOYlhLTVk

Semoga Bermanfaat …

Need a successful project?

Order Now
or Contact Us