Mobile Apps Development: Berapa Biaya Pembuatan Aplikasi di tahun 2021

By : Andik Saputra | 17 September 2021 | Comnents : 0


Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Mengembangkan aplikasi adalah proses rumit yang membutuhkan banyak waktu, anggaran, dan usaha. Dan ketika suatu bisnis didasarkan pada sebuah aplikasi, biaya dan waktu pengembangan menjadi titik penentu kesuksesan.

Sekarang ini, banyak perusahaan kurang paham dengan kompleksitas mobile apps development yang memerlukan banyak biaya. Mereka beranggapan bahwa aplikasi dapat dikembangkan dengan biaya yang murah dan dalam waktu yang singkat. Padahal, realitanya adalah sebaliknya.

Pertanyaan tentang biaya pembuatan aplikasi adalah pertanyaan paling umum yang kami dengar dari klien kami. Ketika bisnis menghadapi pasar dengan persaingan yang tinggi, mereka merasakan tekanan untuk melakukan digitalisasi untuk produk dan layanan mereka agar tetap relevan dengan proses bisnis di era sekarang. Tetapi, mereka masih ingin melakukannya dengan cara yang paling hemat biaya.

Dalam survei GoodFirms baru-baru ini, perusahaan yang berpartisipasi ditanyai pertanyaan tentang dua set data pengambilan keputusan yang berbeda – Biaya dan Waktu – untuk sekitar 80% proyek mereka. Dan dari survei tersebut mengungkapkan beberapa poin penting.

Pertama, berapa biaya development mobile apps?

Perhitungan sederhana dengan waktu yang dibutuhkan dan biaya rata-rata per jam $65 (Rp. 926.935) – dalam kurs $1 = Rp. 14.260 – yang dihasilkan dari survei yang dilakukan GoodFirms, biaya pengembangan aplikasi rata-rata adalah:

  • Sebuah aplikasi sederhana biaya sekitar $ 24.830 (Rp.354.089.456) sampai $ 59.150 (Rp. 843.511.532), dengan fitur yang layak minimum.
  • Sebuah aplikasi yang kompleks biaya dari $ 36,107.5 (Rp. 514.912.809) ke $ 85.150 (Rp. 1.214.285.832) , dengan fitur konsumen populer.
  • Sebuah aplikasi canggih biaya sekitar $ 59,507.5 (Rp. 848.609.679) untuk $ 137.150 (Rp. 1.955.834.432), dengan fitur-fitur terkini.

Ini merupakan perkiraan perhitungan. Dan ada banyak hal yang mempengaruhi proses pengembangan.

Kedua, Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah aplikasi?

Setiap tahapan dalam proses pengembangan aplikasi membutuhkan waktu penyelesaian yang berbeda. Biasanya diperlukan waktu antara 12-16 minggu. Perhitungan sederhana dari angka survei yang dilakukan GoodFirms mengungkapkan bahwa waktu pengembangan aplikasi rata-rata dapat berupa:

  • Membuat aplikasi sederhana membutuhkan waktu sekitar 4,5 hingga 11 minggu , dengan fitur minimum yang layak.
  • Pembuatan aplikasi yang kompleks membutuhkan waktu 7 hingga 16 minggu , dengan fitur konsumen yang populer.
  • Pembuatan aplikasi lanjutan membutuhkan waktu 11,5 hingga 26 minggu , dengan fitur-fitur mutakhir.

Apa saja faktor yang mempengaruhi biaya pembuatan aplikasi?

Umumnya, biaya pembuatan aplikasi tidak selalu sama. Itu bisa jadi sangat bervariasi, mulai dari jutaan, ratusan juta, hingga milyaran tergantung pada fitur dan kompleksitas sistem yang diinginkan.

Perhitungan biaya aplikasi dasar bergantung pada berapa banyak biaya pengembang aplikasi per jam.

Berdasarkan tanggapan survei yang dilakukan oleh GoodFirms, untuk pengembangan aplikasi ekonomis , berbagai perusahaan di seluruh dunia mengenakan biaya antara $5 (Rp. 71.302) hingga $150 (Rp. 2.139.082) per jam, dengan rata-rata $65 (Rp. 926.935) per jam .

Sementara untuk pengembangan aplikasi kelas atas (eksklusif) , tarifnya berkisar antara $8 (Rp. 114.084) hingga $300 (Rp. 4.278.165) per jam, dengan rata-rata $100 (Rp. 1.426.055) per jam

Namun, biaya pembuatan aplikasi tergantung pada beberapa faktor. Aplikasi yang dibuat khusus, hadir dalam berbagai skala, desain, utilitas, dan fungsi. Dan masing-masing dari mereka mempengaruhi biaya aplikasi rata-rata. Memperhatikan berbagai indikasi yang dilakukan oleh peserta survei yang dilakukan oleh GoodFirms, berikut beberapa faktor signifikannya:

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pengembangan Aplikasi

Dengan banyaknya variabel diatas, biaya pembuatan aplikasi menjadi bervariasi untuk setiap proyek.

Estimasi biaya pembuatan aplikasi dilakukan oleh pemilik produk, dan developer aplikasi dengan kemampuan analisis yang mendalam. Bersama-sama, kami dapat memberitahu Anda berapa biaya untuk membangun aplikasi yang Anda butuhkan untuk bisnis Anda. Proses ini bukan pekerjaan satu hari dan membutuhkan partisipasi aktif Anda untuk membuat perkiraan lebih akurat.

Jika Anda memiliki masalah perusahaan yang serius dan ingin mengetahui biaya pengembangan aplikasi Anda dengan lebih tepat, kami dapat memperkirakannya dalam waktu 72 jam – isi formulir singkat di sini .

Do you want your company to grow exponentially?
Contact us now. Consultation provided.