• jasa-pembuatan-aplikasi-ios-crocodic
  • slider-jasa-pembuatan-aplikasi-android

Optimation Mobile Apps Flow ; “impact” is our focus

alur-pembuatan-aplikasi-mobile-android-ios
Requirement Analysis

Terdiri dari 2 tahap, tahap pertama adalah mendengarkan semua kebutuhan, masalah, tantangan, peluang, target dari perusahan Anda. Tahap kedua menyusun strategi untuk memenuhi kebutuhan, menyelesaikan masalah, menyelesaikan tantangan, meraih peluang, dan memenuhi target perusahaan Anda.

Strategi Crocodic adalah dengan 3 standar proses layanan, meliputi pembuatan aplikasi Android dan iOS, maintenance, dan promosi aplikasi. Standar layanan ini akan memastikan aplikasi mobile Android atau iOS Anda benar-benar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan Perusahaan Anda.

Kami akan menyusun sebuah dokumen penawaran yang kemudian didiskusikan lagi dengan tim Anda, sehingga Crocodic dan Anda memiliki kesepahaman bersama. Tim yang bertanggung jawab melaksanakan tugas ini adalah Busines Analyst dan System Analyst Crocodic.

UI – UX Design

Desain tampilan adalah salah satu komponen penting dari sebuah aplikasi mobile. Desain UX akan membuat user merasa mudah dan nyaman untuk melakukan eksplorasi semua bagian aplikasi, sedangkan desain UI bisa meningkatkan mood dan memudahkan orang untuk mengingat brand sebuah perusahaan. Pada tahap ini, tim ahli desain kami akan memberikan beberapa alternatif desain UI dan UX (mockup) dari aplikasi mobile Android dan iOS anda.

Coding

Dengan acuan dokumen analisis sistem dan desain dari analis, tahap selanjutnya adalah tugas tim ahli Kami untuk membuat aplikasi mobile Android dan iOS Anda. Tim ahli kami dari coding dan desain akan melakukan pembuatan aplikasi secara disiplin dan detail, sehingga produk yang dihasilkan sesuai dengan gambaran ideal dari perusahaan Anda.

Dalam proses coding dan desain, tim Kami akan selalu memberikan progres report secara berkala, sehingga Anda dapat selalu mengetahui sejauh mana perkembangan aplikasi Anda, sekaligus memberikan feedback kepada tim Kami.

Testing

Prototype aplikasi yang sudah dikembangkan oleh tim ahli Kami, kemudian divalidasi fungsi navigasi, simulasi, dan semua komponen dalam aplikasi tersebut. Untuk memastikan kualitas aplikasi mobile Android dan iOS yang dikembangkan, akan dilakukan juga uji reliabilitas dan kompatibilitas. Reliabel artinya aplikasi tersebut tidak mengalami gangguan (error) ketika diberikan perlakukan yang ekstrim, sedangkan kompatibilitas artinya aplikasi tersebut bisa berfungsi dengan baik di semua perangkat mobile yang berbasis Android dan iOS.

Implementation

Bentuk implementasi aplikasi mobile Android dan iOS disesuaikan menurut konsep aplikasi tersebut dibuat. Crocodic dan Anda akan melakukan pembahasan konsep implementasi, antara lain bagaimana mendistribusikan, bagaimana melakukan pelatihan, bagaimana melakukan promosi dan branding, sampai bagaimana konsep pengukuran user engagment, mengukur efektifitas, impact, dan lain-lain.

Beberapa alternatif distribusi aplikasi mobile antara lain melalui channel Google Play (Android) dan App Store (iOS), ataupun file APK (installer Android) dan file .ipa (installer iOS) jika perusahaan anda tidak memerlukan publikasi ke pihak luar.

Maintenance

Pada saat aplikasi diimplementasikan, tentunya tidak terlepas dari kerusakan ataupun gangguan (bug) baik dari dalam aplikasi ataupun dari luar. Crocodic akan melakukan pemantauan kinerja aplikasi dan segera melakukan perbaikan jika terjadi masalah dalam aplikasi. Standar layanan maintenance crocodic untuk internal bug adalah 1 tahun, dengan respon maksimal 1x24 jam.

Measurement

Aplikasi adalah tools dan bagian dari treatment untuk mencapai tujuan perusahaan; membantu meningkatkan penjualan, memudahkan user untuk melakukan pembelian, meningkatkan efisiensi manajemen, dan lain-lain. Peran aplikasi dalam mencapai tujuan perusahaan sangat vital, bahkan untuk sekedar memutuskan untuk melakukan update fitur menjadi sebuah hal yang sangat strategis. Data “user engagement” seperti users retention, session duration, users’ page / facilities attention, bounch rate, registering, sharing, making a reservation or purchase, subscribing to a service, dan lain-lain adalah aset penting perusahaan yang harus selalu diukur.

Crocodic akan selalu melakukan pengukuran, memberikan report, serta melakukan diskusi dengan perusahaan Anda untuk meningkatkan fungsi maksimal aplikasi.

Evaluasi

Setelah aplikasi mobile Android dan iOS digunakan, selama selang waktu tertentu akan diadakan evaluasi bersama mengenai aspek teknis dan strategis. Aspek teknis meliputi kinerja aplikasi, kemungkinan bug yang terjadi, dan lain lain. Aspek strategis adalah mengenai bagaimana efektivitas penggunaan aplikasi tersebut untuk mencapai tujuan atau sejauh mana menyelesaikan permasalahan perusahaan Anda.

Rekomendasi

Dari hasil pengukuran, Crocodic akan memberikan rekomendasi kepada perusahaan Anda untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam rangka mempercepat atau memaksimalkan peran aplikasi. Rekomendasi bisa dalam arti kedalam aplikasi (update fitur atau reduce fitur) atau keluar aplikasi, misalnya strategi campaign, optimasi landing page, dan lain-lain.


Seperti kita tau, bahwa lebih dari 80% orang Indonesia khususnya, menggunakan perangkat mobile untuk berkomunikasi serta menyelesaikan pekerjaan. Hal ini mempengaruhi kultur kehidupan mereka, yang semula cenderung statis menjadi serba dinamis dan mobile. Perangkat mobile juga memungkinkan sebuah perusahaan untuk melakukan pengumpulan dan pengecekan data secara real time kepada para pelanggan atau keryawannya, hal ini tentunya akan meningkatkan efektifitas waktu dan sumber daya.
Jenis-jenis aplikasi Android dan iOS diantaranya : 

Aplikasi yang di buat dan ditanam (install) langsung didalam device, menggunakan bahasa pemrograman yang selayaknya digunakan untuk membuat aplikasi tersebut. Misalnya, untuk membuat Android apps menggunakan Java dan SDK milik Android, dan iOS menggunakan Objective-C dan SDK iOS.

Aplikasi mobile yang dijalankan menggunakan browser yang ada di handphone, menggunakan bahasa pemrograman web seperti PHP & HTML5 serta penyimpanan data langsung ke database server.

Aplikasi mobile yang dibuat dan ditanam (install) langsung didalam device, menggunakan bahasa pemrograman website yang digabung dengan bahasa pemrograman yang selayaknya digunakan utuk membuat aplikasi pada device yang dituju. Maksud dari “menggabung bahasa pemrograman” disini adalah, aplikasi inti dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman web, sedangkan untuk beberapa fitur yang tidak bisa dijalankan menggunakan bahasa pemrograman web, akan ditulis dalam bahasa pemrograman yang sesuai dengan device tujuan. Jadi intinya hybrid apps itu menggabungkan web apps dengan native apps dan dibundle menjadi 1 package dan ditaro lah di store. Jadi butuh proses instalasi, beda dengan mobile web yang biasanya.

Aplikasi game berbasis mobile yang dikembangkan untuk suatu platform tertentu berbasiskan native apps, atau dengan menggunakan pemrograman web dengan basis HTML5 dan PHP.

Kami, tim Crocodic memiliki SDM profesional dalam pembuatan aplikasi mobile berbasis Android dan iOS dari proses analisis kebutuhan sampai dengan memastikan aplikasi yang dikembangkan dapat menjawab kebutuhan Anda.

Get best impact from your Apps With Crocodic

crocodic-contact